Senin, 05 April 2010

TIPS MEMILIH PONSEL BEKAS

Kali ini saya akan mencoba memberi sedikit tips bagi para pembaca yang mungkin akan membeli ponsel bekas atau second.saya menulis ini dengan tujuan untuk meminimalisir kerugian dari spekulasi membeli ponsel bekas.
Untuk mencermati dalam mendapatkanponsel yang kita inginkan perlu memiliki strategi sendiri agar terhindar dari pilihan yang salah.mari kita coba membaca dan mencermati langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Periksa cover atau casing ponsel
Usahakan untuk mencari ponsel yang masih menggunakan casing orisinil.jika memang hanya terdapat ponsel yang kita inginkan tetapi dengan casing yang sudah tidak orisinil maka tawarlah harga yang lebih rendah dari yang di tawarkan.
Jangan lupa periksa juga bagian casing apakah asa yang cacat atau tidak,jika ada yang cacat,anda perlu curiga jika ponsel ini pernah terjatuh dan ada kemungkinan berpengaruh pada komponen bagian dalamnya.
Jangan lupa memeriksa kinerja engsel bagi ponsel berengsel dan rel flip bagi ponsel bersliding.

2. Periksa fungsi eksternal ponsel
periksa kondisi dan fungsi masing-masing bagian yang ada dalam ponsel.seperti keypad,LCD,lampu LED,atau background lamp display,tombol on-off,volume,USB,dan yang lainnya.
Perika pula bagian speaker dan michropone dengan cara menelpon orang lain atau sekedar mendengarkan suara dari layanan bebas pulsa agar lebih irit.

3. Periksa fungsi fitur dan kelengkapan menu
Sebelum membeli sebuah ponsel,sebaiknya sedikit banyak mengetahui fitur dan menu apa saja yang ada pada ponsel yang ingin kita beli.jangan sungkan untuk mencoba fitur yang akan kita beli dimulai dari:Bluetooth,SMS,MP3 dan lain sebagainya.

4. Periksa bagian dalam cover ponsel
bukalah cover mesin dan periksa apakah segel masih original pabrik atau sudah diganti.biasanya segel itu dapat anda temukan di sekitar skrup kunci bagian ponsel.jika tidak menenmukan hologram bawaan pabrik.berarti ponsel itu pernah di buka mesinnya.

5. Perika baterai
Periksa keaslian baterai yang disetakan dalam ponsel tersebut.lihat apakah orisinil atau sudah diganti.pertimbangkan pula baterai yang sudah di ganti,apakah merek terkenal atau tidak

6. Periksa signal
Jika ponsel ini tidak stabil,pasti ponsel tersebut bermasalah atau lebih parah lagi,tidak ada sama sekali signal pada ponsel tersebut.ponsel tampa sinyal berarti dalam masalah besar karena biaya pwebaikan tidak sedikt.sebaiknya urungkan niat anda.

7. Periksa kelengkapan paket penjualan
Lebih menguntungkan jika anda dapat menemukan ponsel bekas yang di lengkapi dengan dus asli,charger bawaan,dan kartu garansi(walau sudah tak berlaku lagi).perlu juga memeriksa nomor seri IMEI yang tertera pada mesin ponsel dan punggung ponsel.


Demikian tips dan trik untuk membeli ponsel bekas.semoga dapat bermanfaat.amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar